Bupati Lotim saat mendistribusikan ZIS kepada sejumlah garimin. FOTO IST/GERBANG INDONESIA

GerabangIndonesia, Lotim – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Lombok Timur menyerahkan zakat, infaq, dan sadaqah (ZIS) yang berasal dari gaji ke-13 ASN Lombok Timur kepada sejumlah ASN yang termasuk dalam golongan garimin. Garimin yang dimaksud yakni mereka yang memiliki beban utang untuk memenuhi kebutuhan pribadi yang tidak dapat dihindarkan.

Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy menyampaikan, nilai yang diterima sangat kecil dan tidak dapat memenuhi seluruh kebutuhan para penerima. Hal tersebut karenakan ZIS yang terkumpul akan didistirbusikan kepada seluruh ASN yang termasuk golongan garimin di Lotim.

Baca JUga: Jokowi-Ma’ruf Akan Hadiri Takbir Akbar Virtual, Masyarakat Diminta Ikutan

“Khusus di lingkup Dinas Pendidikan dan Kebudayaan saja jumlahnya mencapai 200 orang, dengan total ZIS yang akan diserahkan Rp 500 juta,” sebut Sukiman saat menyerahkan ZIS kepada sejumlah garimin di Pondopo Bupati, Senin (19/7).

Kata Sukiman, selain diserahkan di lingkup Dinas Pendidikan, ZIS tersebut juga akan disalurkan kepada ASN yang ada di OPD lainnya. Termasuk Dinas Kesehatan senilai Rp 500 juta.

Dirinya berharap, jumlah tersebut dapat sedikit membantu meringankan beban di tengah kondisi pandemi saat ini. Sebab kondisi pandemi ini berdampak luas terhadap masyarakat, termasuk para ASN.

Selain itu, Pemkab Lotim juga akan menyalurkan 150 ton beras bagi masyarakat, serta 30 ton bagi Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) dan Panti Asuhan.

“Kami harapa pada pelaksanaan idul adha nanti masyarakat tetap meberapkan protokol kesehatan yang ketat. Begitu juga pada saat peyembelihan hewan qurban serta pembagiannya,” ucapnya.

Ia menekankan protokol kesehatan harus tetap dijalankan meskipun saat ini Lotim, menjadi satu-satunya daerah di NTB yang masuk zona kuning. Sementara lainnya berada di zona oranye dan merah.

“Semoga acara ini ada hikmahnya dan menolong kita keluar dari pandemi,” pungkasnya.

Ketua Baznas Lombok Timur, Ismmul Basar menyampaikan, progress pengembangan ZIS di Lotim. Dimaan BAZNAS Lotim, melakukan berbagai inovasi di antaranya melalui keberadaan petugas di tiap-tiap kecamatan.

Baca Juga: Jorge Lorenzo Prediksi Valentino Rossi akan Pensiun di MotoGP 2021, Batal Ngaspal di Mandalika?

“Kita juga punya sentra pengembangan ekonomi umat di Kecamatan Terara, dan kita juga mengoptimalkan fungsi masjid sebagai sentra pengembangan ekonomi umat,” katanya.

Kata dia, penyerahan ZIS tersebut juga menjadi bagian dari pengembangan kegiatan BAZNAS, dengan mendistribusikannya kepada ASN yang berasal dari ASN pula.

“ZIS ini kami dapatkan dari ASN dan kami distribusikan kembali ke ASN yang lebih membutuhkan,” tutupnya. (par)

Editor: Lalu Habib Fadli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here