Usai sukses merilis survei terlengkap soal dunia kecantikan dan wanita sejak 2018 melalui ZAP Beauty Index, tahun ini, ZAP Clinic untuk pertama kalinya merilis laporan yang lebih komprehensif dengan memotret behavior kaum pria dalam hal perawatan dan kesehatan melalui ZAP Beauty Index &
Menology Index 2024! Menggandeng salah satu perusahaan consulting terkemuka di Indonesia, MarkPlus, Inc., survei
dalam ZAP Beauty Index & Menology Index 2024 melibatkan sekitar 1,500 responden pria dan 9,000 responden wanita berusia 15-65 tahun dari kalangan Gen X, Y, dan Z yang tersebar di hampir seluruh Indonesia. Mulai dari Mulai dari DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Banten, Sumatra Utara, DI Yogyakarta, Sulawesi Selatan, Bali, Kepulauan Riau, Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Barat,
hingga Papua.

Jakarta, 14 Maret 2024 – Di tengah kemajuan industri kecantikan dan perawatan pria yang semakin berkembang pesat di Indonesia, terdapat suatu kebutuhan yang mendesak

untuk memahami lebih dalam perilaku serta preferensi kaum pria terhadap perawatan dan kesehatan mereka. Mengakui pentingnya hal ini, ZAP mempersembahkan survei pionir yang komprehensif di Indonesia, yang dikenal sebagai ZAP Beauty Index dan untuk pertama kalinya, ZAP mempersembahkan Menology Index, sebuah survei yang dilakukan kepada 1.500 pria di Indonesia dengan tujuan utama untuk memahami lebih dalam perilaku pria terkait dengan perawatan dan behavior pria.

Dalam edisi khusus Menology Index 2024, memotret perilaku pria dalam merawat diri, mulai dari aspek ‘What Men Think’ seperti persepsi para pria terhadap ketampanan serta persepsi terhadap wanita, aspek ‘What Men Want’ yang membahas kondisi fisik pria, serta aspek ‘What Men Do’ yang membahas perilaku pria yang berkaitan dengan perawatan diri mereka.

Menology Index 2024 - Arti tampan menurut pria

Apa arti tampan menurut pria? Ditemukan bahwa 23,5% pria merasa tampan ketika berpakaian rapi, sedangkan 17,7% lainnya merasa tampan ketika tubuh mereka sehat dan bugar. Hasil ini menggambarkan bahwa penampilan fisik dan kesehatan merupakan faktor penting dalam menentukan rasa percaya diri para pria. Survei ini juga mengungkapkan bahwa 96.7% pria menganggap rambut sebagai hal yang signifikan dalam mempengaruhi penampilan mereka. Namun, 22.4% pria mengaku merasa tidak percaya diri atau insecure dengan kondisi rambut mereka saat ini. Masalah kerontokan rambut menjadi salah satu isu utama yang dialami oleh pria Indonesia.

Untuk mengatasi keluhan mengenai kerontokan rambut terebut, seiring beragamnya perawatan yang hadir, salah satu yang dapat dicoba yaitu, treatment PRP Hair. Treatment ini bisa menjadi pilihan yang dapat dipertimbangkan.Treatment PRP (Platelet-Rich Plasma) adalah prosedur medis yang menggunakan plasma darah kaya akan trombosit untuk membantu penyembuhan dan regenerasi. Salah satu tempat perawatan khusus cowok yang dapat dicoba yaitu MEN/O/LOGY by ZAP (Instagram : @menologybyzap).

Menology Index 2024 - PRP Treatment 

Lebih lanjut mengenai segmen What Men Want, ditemukan bahwa sebesar 71,1% pria Indonesia menganggap personality dan attitude sebagai daya tarik utama wanita, diikuti dengan kepintaran (56,2%). Hal ini menunjukkan bahwa pria Indonesia lebih memperhatikan aspek kepribadian dan kecerdasan dalam memilih pasangan.

Menology 2024 - Kriteria wanita menurut pria

Sementara itu, ternyata tidak hanya wanita loh yang paham mengenai kondisi kulitnya. Ternyata hampir 80% pria Indonesia merasa memahami kondisi kulit mereka saat ini. Lebih lanjut lagi ternyata pria Indonesia sudah mengetahui berbagai jenis produk untuk wajah, survei menemukan penggunaan cleansing balm sebagai alternatif pembersih wajah mulai digemari oleh pria Indonesia, dimana 6,9% dari mereka telah menggunakannya.

“Hasil dari Menology Index dan ZAP Beauty Index 2024 merupakan refleksi dari tren dan kebutuhan pria Indonesia dalam merawat diri. Kami berharap hasil ini dapat memberikan pandangan yang lebih komprehensif bagi industri perawatan di Indonesia dan memahami konsep perawatan dan kesehatan dengan lebih baik, tentunya survei ini diharapkan dapat digunakan oleh seluruh kalangan agar bisa lebih bermanfaat lagi sebagai insight baru bagi mereka” ujar Bams selaku Co-Founder Menology by ZAP. ”

Survei Menology Index 2024 telah diluncurkan pada akhir Januari 2024 dan dapat di unduh secara bebas melalui website ZAP Clinic www.zapclinic.com pada artikel ZAP Beauty Index. Pada waktu yang bersamaan, ZAP Clinic meluncurkan update website terbaru www.zapclinic.com yang memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mencari solusi permasalahan kulit wajah mereka. Fitur terbaru, “Solusi Kami,” memungkinkan pengguna untuk menemukan solusi treatment dari permasalahan kulit yang sedang dialami, mulai dari jerawat, kusam, hiperpigmentasi hingga stretch marks.

Selain fitur Solusi Kami. Tersedia juga “Live Chat” dimana pengguna dapat berinteraksi secara langsung dengan tim ZAP dengan dukungan 24/7 untuk membantu menjawab

pertanyaan seputar treatment, dan memberikan saran langsung untuk membantu ZAP menjadi lebih baik. Website ZAP Clinic juga dilengkapi dengan kemudahan pemesanan

yaitu ZAP Online Booking, bagi para pengguna yang ingin mengatur janji temu perawatan kulit mereka dengan cepat dan efisien. Melalui platform ini, pengguna dapat dengan mudah memilih layanan yang diinginkan, memilih waktu yang sesuai, dan mengonfirmasi waktu untuk treatment dalam hitungan menit.

Layanan e-store juga tetap tersedia, dimana pengguna dapat membeli langsung treatment atau voucher treatment yang sedang promo. Pengguna yang tertarik untuk menjadi bagian

dari ZAP, bisa juga mencari lowongan kerja yang tersedia di ZAP pada fitur Tentang ZAP. Selamat mencoba!

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here