webinar literasi digital untuk komunitas pendidikan di wilayah Bali-Nusa Tenggara, Senin (28/8) pagi, pukul 09.00 WITA. FOTO IST/GERBANG INDONESIA

GerbangIndonesia, Kota Bima – Seiring perkembangan teknologi digital, akses informasi dan komunikasi semakin mudah didapatkan. Mudahnya akses digital memberikan tantangan berupa bagaimana pemanfaatan akses digital secara bertanggung jawab. Dibutuhkan peran orang tua dan guru dalam mendidik anak-anaknya ketika mengakses dunia digital.

Baca Juga: Beruntungnya! Bocah SD Dapat Undian Rumah, Event Jalan Sehat HUT PTAM Giri Menang ke-43

Untuk mengedukasi pelajar memiliki etika di dunia digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) akan menggelar webinar literasi digital untuk komunitas pendidikan di wilayah Bali-Nusa Tenggara, Senin (28/8) pagi, pukul 09.00 WITA.

Mengusung tema ”Etika Pelajar di Dunia Digital”, diskusi daring (online) itu akan menghadirkan tiga narasumber. Yakni: Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bima Syahrir, Kapala Bidang Pendidikan Dasar Dikpora Kota Bima Muhammad Humaidin, pengamat media dan komunikasi publik Sopril Amir, serta Pingkan Maukar selaku moderator.

”Webinar ini bisa diikuti gratis dengan cara mengisi link registrasi peserta di https://s.id/pendaftaranbalinustra2808. Selain mendapat e-sertifikat, panitia juga menyediakan hadiah e-money sebesar Rp 1.000.000.- untuk 10 peserta yang beruntung,” tulis Kemenkominfo dalam rilisnya kepada awak media, Minggu (27/8).

Terkait tema diskusi, Kemenkominfo menjelaskan, etika perlu dijunjung tinggi oleh pelajar saat saat berada di dunia digital karena dalam ruang digital kita akan berinteraksi dengan berbagai macam orang dari latar belakang budaya yang berbeda-beda.

”Apalagi, mengingat dalam dunia digital juga akan ada semua rekam jejak yang telah kita perbuat. Jika kita menggunakannya dengan tidak baik, hal itu akan menjadi bom waktu dan bisa merugikan diri sendiri,” jelas Kemenkominfo dalam rilis.

Begitupun sebaliknya, jika kita menggunakannya dengan hal-hal yang baik dan bermanfaat, akan memberikan timbal balik yang baik juga kepada kita.

Dunia digital, menurut Kemenkominfo, memiliki nilai-nilai utama seperti kreativitas, kolaborasi, dan daya kritis. Kreativitas dapat dikembangkan melalui pengalaman menggunakan media digital yang meliputi keterampilan mengolah kata, suara, angka, gambar, hingga pengenalan berbagai platform seperti media sosial, aplikasi layanan, situs, dan lainnya.

”Bisa dibilang, kemampuan dan kreativitas kita menjelajahi berbagai sudut dan potensi media digital ini menjadi sangat penting. Lalu, kolaborasi media digital yang cakupannya nyaris tak terbatas memungkinkan kita untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan berbagai pihak,” urai Kemenkominfo.

Kemenkominfo menambahkan, era digital menuntut adanya keterampilan komunikasi, negosiasi, dan menghargai pendapat orang lain. ”Kemudian kompetensi dalam berpikir kritis sangat penting untuk dimiliki. Terlebih ketika berhadapan dengan media digital yang memuat berbagai konten dan pesan dengan nilai yang berbeda-beda,” pungkasnya.

Webinar literasi digital di lingkungan komunitas pendidikan merupakan salah satu upaya Kemenkominfo untuk mempercepat transformasi digital di sektor pendidikan hingga kelompok masyarakat menuju Indonesia yang #MakinCakapDigital. ”Kegiatan ini diharapkan mampu menaikkan tingkat literasi digital 50 juta masyarakat Indonesia pada tahun 2024,” tambah Kemenkominfo.

Untuk diketahui, program #literasidigitalkominfo tahun ini mulai dilaksanakan sejak 27 Januari 2023. Berkolaborasi dengan Siber Kreasi dan 18 mitra jejaring, program ini membidik segmen pendidikan dan segmen kelompok masyarakat sebagai peserta.

Tahun ini, program Indonesia Makin Cakap Digital (IMCD) menargetkan 5,5 juta warga masyarakat sebagai peserta, utamanya yang belum pernah mengikuti kegiatan literasi digital. IMCD sendiri bertujuan meningkatkan kemampuan masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan teknologi digital secara positif, produktif, dan aman.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Disebut Bakal Punya Kekuatan Besar Jika Didampingi Sosok Ini di Pilpres 2024

Informasi lebih lanjut mengenai literasi digital dan info kegiatan dapat diakses melalui website info.literasidigital.id, media sosial Instagram @literasidigitalkominfo, Facebook Page, dan Kanal Youtube Literasi Digital Kominfo. (*)

Editor: Lalu Habib Fadli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here